ilusAcara launching komik The Pandawa Story di Mal FX, Jakarta, dihadiri oleh kedua putra komikus besar kita itu, Dhani Valiandra dan Dhodi Syailendra.  Dhani berkesempatan mengungkapkan sepatah dua patah kata. Dhani, putra sulung Teguh, mengisahkan, sebagian hidup sang ayah adalah untuk membuat komik. “Bapak melakukannya sampai akhir hayatnya.”

Suatu kali, Teguh yang tinggal di Kepanjen, Malang, Jawa Timur, menyampaikan keresahannya pada Dhani. “Bapak bertanya, bagaimana karya-karyanya nanti? Siapa yang akan merawatnya?” Sebelum bertemu dengan para pencinta dan kolektor komik, Dhani pun sempat gelisah. Apalagi, komik Indonesia sempat tenggelam. Komik pun pernah dalam posisi terendah. Ia merasa beruntung dengan kawan-kawan yang mengangkat karya sang ayah dan akhirnya menerbitkannya. “Akhirnya, Tuhan mempertemukan saya dengan teman-teman yang setia merawat karya Bapak. Akhirnya, terwujud dengan kembali terbitnya komik wayang karya Bapak.

Dhani pantas bersyukur, apalagi perjuangan untuk mempersatukan naskah keluarga Pandawa ini memang tidak mudah. Semula, kisah ini dimuat bersambung di Majalah Ananda. Untuk menemukan kembali Majalah Ananda yang memuat kisah Pandawa secara utuh, butuh waktu lama. “Mungkin Bapak juga hadir dalam acara launching ini. Bapak. Tentu, dia bahagia.”

Karya keluarga Pandawa ini, seperti disampaikan Dhani, merupakan salah satu obsesi Teguh Santosa. Ia merasa sudah lengkap sebagai komikus. Dalam analogi Teguh, umat muslim akan sempurna ketika sudah menjalankan rukun Islam, sampai bisa naik haji. Teguh pun merasa lengkap sebagai komikus ketika berhasil membuat komik Mahabharata. Mengutip kata ayahnya dalam bahasa Jawa, Dhani mengatakan, “Nang, wong ngaji iku lengkap yen wis dadi kaji. Aku lengkap dadi komikus yen iso ngrampungke Mahabharata.”

Dikatakan Dhani, menjelang akhir hayatnya, Teguh seperti hidup dalam dunia komik. Sang ayah mengigau. “Tolong, keris ini dilempar ke Tengger.” Ungkapan ini dirasakan keluarga Teguh sebagai wasiat. Mendiang Teguh pun dimakamkan di kawasan Tengger.

Kehadiran komik The Pandawa Story, semogalah kelak bisa mendunia. Ya, komik Indonesia memang tak boleh dipandang  remeh!

Kembang Larangan, 19-11-2013

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*