ilustrasi-19Djas nama lengkapnya Djaffar Sidik, lahir di Labuhan Deli, 20 November 1926 dan meninggal di Medan 20 Oktober 1997. Djas semula dikenal sebagai kartunis dengan tokoh Dja Ultop yang begitu populer di masanya. Terbit pertama di Harian Mimbar Umum tahun 1958, lakon Dja Ultop bercerita tentang sketsa kelucuan sehari-hari. Tokoh kartun yang mewakili kehidupan masyarakat ini diterbitkan dalam bentuk buku secara serial.

Djas adalah adik kandung Zam Nuldyn. Berbeda dengan abangnya yang spesialis mengeksplorasi cerita rakyat, karya Djas lebih cenderung menggarap tema keseharian, meski tidak meninggalkan tradisi. Cerita keseharian itu muncul berkala di majalah Putera Maju. Dalam karyanya, ia suka mengkritik sifat buruk manusia.

Dalam latar lokal, ia lebih suka membuat cerita sendiri. Salah satu karya pentingnya adalah Penjual Cendol dan Dua Saudagar. Drama cinta dari dua status sosial berbeda dengan aroma kritik sifat buruk dua saudagar. Karya ini keluar dari arus utama dengan setting perkotaan.

***

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*