jaluDi masa lalu ketika komik Indonesia diwarnai era silat, muncul varian dengan mengambil latar Jakarta tempoe doeloe yang di kalangan kolektor komik kerap disebut sebagai silat Betawi. Salah satu yang populer adalah Jampang Jago Betawi , komik garapan Ganes Th tahun 1967 yang diangkat dari kisah karya Zaidin Wahab.  Jampang sudah dikenali masyaraka Betawi sebagai sebuah cerita rakyat yang kerap dipanggungkan.

Begitu populernya Jampang, bahkan komikus Tatang S juga membuat Jampang Kembali ke Betawi (1970) dan Tati membuat Jampang Pembasmi Seruling Maut.(1970).  Apa boleh buat, keduanya menjadi terpengaruh gambaran sosok Jampang yang digambarkan Ganes dengan “dada berbulu, kumis melintang itu.”

Tak hanya itu, penerimaan baik pembaca kepada silat Betawi, sempat membuat komikus lain mengambil kisah dari sastra dengan latar Betawi ini. Sekadar mengambil contoh, Tatang juga mengomikkan Ayub  karya Lukman Karmani dalam judul Ayub Jago Betawi  (1968). Kemudian, M. Husni mengangkat dua kisah karya Ali Shahab dalan lakon Si Gondrong Jago Kwitang (1970) dan Si Gobang Jago Tebet (1970/1971). Lalu, Sofyan membuat karya komik Cangklong Juara dari Karang  Hantu dan masih banyak lagi.

Silat Betawi rata-rata konstruksi ceritanya adalah: Betawi masa kolonialisme, centeng dan para jawara, kisah juragan atau tuan tanah penguasa lokal, dan penindasan kepada warga masyarakat. Sang jagoan hadir untuk menyelesaikan problem masyarakat.

Sekian waktu berlalu, lewat komik Jalu Begundal, duet Apat Sy dan Yan Mastur menghadirkan kembali konstruksi komik Betawi masa lalu. Bedanya, sang kreator menghadirkan dialog Betawi dengan gaya masa kini, ini sebuah upaya membangun kedekatan dengan pembaca. Ia juga sengaja membuat anakronisme dengan situasi Jakarta hari ini. Menjadi sah karena komik ini memang dibuat dengan pendekatan humor, ringan, dan menghibur. Pas menjadi bacaan di kala senggang tanpa perlu mengernyitkan dahi.

Kembang Larangan, Oktober 2016

One Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*